Pilih Bahasa Anda
Selamat Membaca
How To Get Japaneses Name ?

1.  A)   Iya, Dapat dilihat sebelumnya dalam pembahasan kami di studi kasus yang telah kami bahas sebelumnya yaitu mengenai PayPal, dimana PayPal yang mengembangkan bisnisnya melalui Internet yang pastinya berhubungan langsung dengan penggunaan TI/SI pada pengaplikasiaannya dalam keseharian kita, jadi dapat kita simpulkan bahwa penerapan TI/SI pada suatu organisasi atau perusahaan sudah dapat dikatakan selaras dengan tujuan dan kebutuhan perusahaan atau organisasi tersebut.

Sebagai Contoh :

Saat ini kita sudah dapat merasakan kelebihan itu pada penggunaan PayPal, dimana kita dapat mengaksesnya dimana pun dan kapan pun tanpa mendapati kendalaan dalam menggunakannya, karena PayPal saat ini sudah biasa digunakan atau diakses dalam beberapa bahasa dibelahan dunia, serta yang pastinya karena dukungan TI/SI membuatnya mudah untuk dipergunakan.

B)      Menurut saya penrapan TI/SI pada perusahaan mengalami kesuksesan, berkat kerja keras dan upaya-upaya yang telah dilakukan oleh orang-orang berada dibidang atau divisi TI/SI pada sebuah perusahaan, seperti apa yang telah diterangkan pada studi kasus mengenai keberhasilan yang telah dicapai oleh PayPal.

Sebagai Contoh :

Kesuksesan yang telah diraih oleh PayPal dalam menjalankan usahanya membuat kita dapat berkaca pada hal yang sebenarnya yaitu betapa pentingnya peran TI/SI sehingga membuat PayPal dapat digunakan di Negara mana pun karena kemudahan-kemudahan yang dengan mudah kita peroleh, hingga membuat PayPal dapat berkembang sebagai bank digital perantara pembayaran yang bersifat global dan banyak diminati oleh orang-orang dibelahan dunia dalam bertransaksi secara online.

C)  Ada beberapa hal yang menjadi faktor terjadinya kegagalan atau pun kesuksesan dalam penerapan TI/SI pada sebuah perusahaan sebagai berikut :

 

  1. Faktor yang mempengaruhi kesuksesan penerapan TI/SI pada sebuah perusahaan
  • Adanya dukungan dari Manajemen Eksekutif sebuah perusahaan
  • Keterlibatan Pengguna Akhir TI/SI perusahaan ( Konsumen )
  • Penggunaan yang sesuai pada kebutuhan perusahaan
  • Perencanaan yang matang
  1. Faktor yang memepengaruhi kegagalan penerapan TI/SI pada sebuah perusahaan
  • Kurangnya dukungan dari Manajemen Eksekutif dan pemakai akhir ( Konsumen )
  • Ketidak pastian dari kebutuhan TI/SI pada sebuah perusahaan
  • Kurangnya tenaga SDM yang sesuai dan berkompeten pada bidangnya
  • Inkompetensi secara Teknologi
  • Kurang jelasnya Strategi dan Tujuan penerapan TI/SI saat akan menerapkannya pada perusahaan

2.         Menurut saya, Indonesia termasuk Negara yang mampu untuk mengikuti arus perkembangan Teknologi masa kini dari sisi penerapan dan penggunaan TI/SI pada sebuah perusahaan demi memberikan kelancaran dan kemudahan dalam bertransaksi antara konsumen dan pihak perusahaan yang ada di Indonesia, hal itu dapat dilihat dari berbagai inovasi dan hasil-hasil yang telah terwujud dalam berbagai sektor seperti Perbankan, Asuransi, Penerbangan dan Beberapa Perusahaan Lainnya.

Sebagai Contoh :

1. Pada bidang  Asuransi saat ini sudah menerapkan pemakaian TI/SI dalam berbagai hal seperti  Administrasi Klaim, Administrasi Kesehatan, Administrasi Kehidupan, dan Lain Sebagainya.

2. Pada Perusahaan Perbankan saat ini yaitu adanya system yang kita kenal dengan DB ( Direct Banking ) yang diterapkan secara baik oleh Bank Bali, dan Internet Banking  oleh Bank BCA.

3. Penerapan Konsep Low Cost carrier (LCC) oleh perusahaan Penerbangan Indonesia  yang terwujud dengan sistem pemesanan secara Online dan seluruh kegiatannya dengan bantuan dari TI/SI pada sebuah perusahaan contoh : AirAsia, Mandala, Lion Air, Sriwijaya Air, dan Lain-lain.

3.  Sesuai dengan apa yang tertera dan tertulis di Instruksi Presinden Republik Indonesia Tahun 2009 Tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif 2025 menjadi acuan saya dalam membuat jawaban dari pertanyaan pada soal ini sebagai berikut :

A) Peran TI/SI dalam menjalankan misi atau pun tugas ini sangat banyak, karena sesuai dengan apa yang ingin dicapai oleh pemerintah pada kegiatan ini yang jelas sekali tertuang didalamnya berbagai macam hal yang ingin dicapai yaitu : 14 subsektor industri kreatif, yaitu periklanan, arsitektur, pasar barang seni, kerajinan, desain, fesyen, video-film-dan fotograf, permainan interaktif, musik, seni pertunjukkan, penerbitan dan percetakan, layanan komputer dan piranti lunak, televisi dan radio, dan riset dan pengembangan. Hampir semua hal tersebut dapat berhubungan dengan TI/SI, untuk contoh periklanan dimana semua perusahaan pasti butuh untuk mengiklankan produknya entah itu dari Televisi, Radio, Internet, Majalah, bahkan melalui brosur-brosur, dan tentunya semua hal itu akan terhubung dengan penggunaan TI/SI agar dapat dengan mudah, tepat waktu dan efisien dikerjakannya.

Sebagai Contoh :

  • Untuk sektor periklanan di Indonesia seperti yang kita ketahui untuk periklanan bias didapatkan diberbagai media seperti Televisi, Radio, Koran, Brosur, Internet dan lain-lain, semua hal ini pasti terhubung dengan yang namanya TI/SI, dalam mendukung hal tersebut sebagai contoh nyata dari hal tersebut adalah saat ini telah hadir tempat percetakan 24 jam yang semua sistemnya didukung dengan kecanggihan TI/SI seperti pemandangan yang dapat kita lihat 24 jam di Ciddo Foto Copy & Printing Klampis. Di sana semua pengerjaan dan kegiatan dari perusahaan tersebut terhubung langsung dari 1 komputer ke computer lain dan juga pastinya terhubung dengan internet untuk melayani konsumen via online, hal ini lah yang menjadi bukti dukungan masyarakat akan pembentukan dan perwujudan dari target kegiatan pemerintah tersebut, dengan bantuan TI/SI dalam penerapannya.
  • Atau Contoh berikutnya yang bersifat umum yaitu Permainan Interaktif untuk saat ini kita tahu di Negara kita banyak sekali orang yang suka bermain games / permainan yang sudah banyak disajikan dan di akses dengan menggunakan komputer maupun di internet, menurut saya hal yang 1 ini akan lebih mudah untuk di wujudkan melihat minat dan ketertarikan dari berbagai kalangan orang, anak kecil, dewasa, bahkan sampai orang tua. Contoh simpelnya saat ini banyak sekali orang yang berlomba-lomba bermain games secara online dengan akses Facebook di Internet seperti Mario Bros, Angry Bird, Pejuang Semut, dan lain-lain, yang secara otomatis dengan bantuan TI/SI.

B) Faktor yang mungkin dapat mempengaruhi kesuksesan atau pun kegagalan dalam penerapan TI/SI untuk  kegiatan pemerintah ini menurut saya sebagai berikut :

  • Faktor yang mungkin mempengaruhi kesuksesan penerapan TI/SI untuk mendukung kegiatan pemerintah :

ü  Adanya dukungan yang baik dari berbagai macam perusahaan yang telah menerapkan TI/SI dalam pelaksanaan kegiatan perusahaan sehingga bias menjadi acuan dalam penerapan TI/SI di berbagai sektor Industri yang berkaitan langsung dengan kegiatan ini.

ü  Dukungan pemerintah yang baik dalam penerapan kegiatan ini dengan penyediaan tenaga yang handal dan sesuai pada bidang melalui pengadaan pembelajaran di bangku perguruan tinggi yang dispesifikasikan dengan menyesuaikan akan kebutuhan dari Negara.

ü  Respon yang baik dari masyarakat akan penerapan TI/SI yang menjadi tolak ukur utama dalam perkembangan penerapan TI/SI itu sendiri untuk pencapaian tujuan dari kegiatan pemerintah ini, seperti adanya ketertarikan beriklan melalui internet, bermain games online, mengerjakan kegiatan desain, arsitek, foto dan lain-lain dengan bantuan TI/SI yang telah ada.

  • Faktor yang mungkin mempengaruhi kegagalan penerapan TI/SI untuk mendukung kegiatan pemerintah :

ü  Ketidak Jelasan dari tujuan pengunaan TI/SI itu sendiri dalam penerapaannya di dalam mendukung kegiatan ini.

ü  Kurangnya penggunaan TI/SI di beberapa kota / kabupaten yang masih belum memiliki sarana dan fasilitas yang memadai untuk mendukung kelancaran kegiatan ini.

ü  Masih kurangnya atau tidak meratanya pembagian tenaga SDM handal atau kurangnya pengetahuan masyarakat di berbagai daerah pedalaman.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nama                  : Kasmianto

NIM                    : 01111075

Jurusan             : Akuntansi

HP                       : 085246506765

e-mail                : antho.kasmianto@gmail.com Or kasmiantothebest@yahoo.com

Pekerjaan         : Mahasiswa

 

Leave a Reply